Tips Ngeblog Dapat Duit

Menjadi Penulis Produktif dan Berpenghasilan

Mendulang Rupiah Dari Menulis Online [ Rahasia Mendapatkan Uang Dari Blog ]

Saya tahu alasan Anda terdampar di blog ini, kemungkinan besar Anda adalah seorang yang memerlukan uang tetapi karena suatu alasan tida bisa bekerja full time, atau mungkin Anda adalah seorang yang hobi menulis dan mulai berfikir untuk menjual skill menulis Anda.

Alasan apapun yang mendasari Anda untuk membaca tulisan ini, Anda telah berada di tempat yang tepat. Saya akan membongkar Rahasia Mendapatkan Uang Dari Menulis Online
Menulis Online
Menulis Online

Saya Mahfuzh tnt, seorang blogger yang masih "hijau" dalam dunia penulisan, apalagi dalam dunia blogging. Tetapi sekitar lima bulan yang lalu, pak Heri Cahyo, yang juga owner Pabrik Tulisan menyarankan saya untuk menjadi profesional dan mulai "menghasilkan" dari tulisan saya.

Saat itu saya memutuskan untuk menjadi seorang blogger profesional, dan langkah pertama yang saya ambil ialah membeli domain www.mystupidtheory.com. Ini permulaan!

Dari blog itu, bukannya dapat duit, saya kehilangan 200 ribu karena beli domain untuk 2 tahun. Tapi saya tidak pernah menyesal, akibat hilangnya 200 ribu itu, saya menjadi rajin menulis!

Menulis Tentang Apapun

Awalnya saya menulis seperti orang gila. Menulis apapun, bahkan saya menuliskan beberapa judul gila yang ada di kepala saya. Saya menulis dari judul segila "Bagaimana Cara Menghasilkan Uang Haram Online" hingga tulisan berbau sains kimia yang merupakan jurusan saya saat kuliah.

Dari beragam tulisan aneh, yang tidak diawali dengan pembukaan yang baik dan benar, bahkan sering diakhiri dengan kekacauan itu, ternyata blog saya semakin banyak pembacanya.  Bahkan tulisan saya yang aneh itu telah menempati posisi nomer 1 dalam pencarian google dengan kata kunci "mendapatkan uang haram".

Menulis dalam jumlah yang ekstreem, dalam artian sangat banyak, membuat tulisan saya semakin rapi, semakin enak dibaca, dan saya sendiri semakin lancar dalam menuangkan ide apapun.

Fokus!

Setelah saya lihat statistik penayangan dan berbagai data yg ada di blog, ternyata pembaca paling banyak datang untuk membaca tulisan sains saya. Dari sinilah saya memutuskan untuk menulis lebih banyak materi sains.

Maka mulailah saya fokus untuk menulis tentang sains. Saya mencari referensi, setidaknya saya membaca tiga artikel sains sehari. Semakin banyak input, semakin banyak output. Itu kuncinya!
Semakin banyak Input semakin banyak output!
Ini bukan berarti saya menentang prinsip pertama "menulis tentang apapun"   tetapi lebih kepada meningkatkan level menulis. Jika awalnya kita menulis 'seenaknya' sekarang kita menulis fokus, namun terkadang juga tetap seenaknya. Intinya ialah meningkatkan kuantitas dulu, baru kemudian kualitas.

Bisnis Dimulai

Saat itu blog saya telah memiliki pengunjung harian 200 orang, kemudian dalam salah satu grup FB, saya melihat tawaran menjadi penulis konten blog.  Saya mendaftar, dan dengan mudah saya diterima sebagai penulis konten di blog.

Bayaran saat itu sangatlah minim, tapi saya kerjakan saja. Kemudian dari situ reputasi saya meningkat, ada orang lain yang meminta saya mengisi blognya. Bayarannya? Tentu saja meningkat, bahkan kali ini meningkat sangat jauh. Akhirnya saya ikut klien baru yang membayar lebih besar.

Selama saya menulis konten untuk orang, blog pertama saya tetap saya rawat dan isi dengan konten berkualitas, hingga akhirnya pengunjung blog saya mencapai 1000 orang. Tentu saja ini prestasi yang luar biasa hasil kerja keras.

Dari jumlah pembaca blog saya yang banyak itu, datanglah tawaran untuk menulis review produk. Dari review ini saya mendapatkan 50.000 untuk satu tulisan. Lumayan kan?

Jadi hingga saat ini saya dibayar untuk menulis di blog milik orang lain dan lagi dibayar juga untuk menulis review di blog sendiri. Sementara waktu luang dari dua kegiatan itu saya gunakan untuk membangun tiga blog baru lagi.

UPDATE- Saya telah menuliskan cara real mendapatkan uang dari menulis. Kali ini kalian bisa mendapatkan uang minggu ini juga! Cek this out---> Cara Menjadi Penulis Berbayar

Itulah cara saya mendapatkan uang dari menulis. Berikutnya saya akan sharing bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog.

Ikuti blog ini melalui follow ataupun berlangganan melalui RSS feed dibawah ini.

Popular Post

Footer Menu