Tips Ngeblog Dapat Duit

Menjadi Penulis Produktif dan Berpenghasilan

Bagaimana Mendapatkan Ide Tulisan yang Tak Pernah Habis # 1

*Tujuan:* 

Membiasakan peserta untuk bisa *Istiqomah/ Konsisten menulis* setiap hari minimal 300 kata di blog masing-masing

Sebelum saya melanjutkan materi ini, saya tekankan sekali lagi bahwa target utama di akhir kursus intensif ini adalah *peserta mampu dan terbiasa membuat tulisan sepanjang minimal 1000 kata*. Hal ini saya tegaskan ulang agar peserta ingat bahwa untuk terbiasa menulis minimal 1000 kata butuh waktu, jam terbang dan pembiasaan dari menulis hal-hal yang sederhana. Oke sekarang kita lanjut saja ke materinya.

Beberapa hari ini – setelah materi pertama tentang blog – sebagian peserta dengan inisatif sendiri sudah mulai mengisi blognya dengan postingan yang panjangnya sudah mencapai 300 kata, dan itu adalah awal yang bagus. Hanya saja kebiasaan tersebut perlu dijaga konsistensinya dan ditingkatkan kualitas dan panjang tulisannya.

Namun ada yang paling penting adalah, bagaimana bisa menulis beragam topic atau tema yang panjangnya minimal 300 kata dan bisa anda lakukan *setiap hari*?

Memang pada minggu-minggu pertama ini, masih kita bebaskan menulis dengan berbagai macam tema alias suka-suka, tetapi nanti peserta akan mendapatkan tugas dengan topic tertentu atau bahkan dengan topic khusus yang sesuai minatnya tetapi dengan kualitas yang lebih, baik dari panjangnya tulisan maupun bahasannnya.

Untuk itu pada sejak awal harus sudah mulai dibiasakan untuk menulis beragam tema dengan tetap menjaga jumlah kata minimal yang ditentukan.

Ketika sudah sampai pada tahap ini mungkin nanti ada yang bertanya, *“Bagaimana cara agar selalu mendapatkan ide (tema, topic) untuk tetap bisa menulis?”*

Berikut ini beberapa hal yang bisa anda jadikan sumber inspirasi untuk mendapatkan ide menulis yang saya bagi dalam 2 kategori: Internal dan Eksternal.

A. Inspirasi yang bersumber dari internal:

1. *Eksplorasi Hobi dan Kegemaran:*


saya yakin setiap dari anda mempunyai sesuatu kegiatan yang anda suka melakukannya berulang-ulang dan dalam waktu yang lama dan sudah berlangsung selama berbulan-bulan bahkan mungkin bertahun-tahun.

Dari hobi atau kegemaran anda tersebut bisa ditulisakan banyak hal. Misalkan saja anda hobi kuliner. Maka ada beberapa topic pembahasan yang bisa anda tuliskan seperti: *Jenis Masakan, Tempat, Segmentasi, Harga*

Dari topik *Jenis masakan* saja anda bisa mengembangkan lagi menjadi: *masakan tradisional, asing (eropa, arab, cina), snack, minuman, bahan makanannya * dan seterusnya.

Masing-masing sub topic tadi masih bisa anda kembangkan lagi menjadi sub topic lagi seperti yang anda lihat pada peta pikiran (mind Map) di bawah.


Klik untuk memperbesar


Anda bisa melakukan eksplorasi pada hobi atau kegemaran anda lainnya, untuk mencobanya anda bisa membuat mind map seperti yang telah dicontohkan.

2. *Eksplorasi Keahlian dan Profesi:*

Hal, kedua yang bisa membantu anda untuk mendapatkan ide dan inspirasi tulisan yang tidak akan pernah kering adalah melakukan ekplorasi terhadap kehidupan keahlian dan profesi anda. Apapun profesi anda, pasti akan banyak hal menarik yang bisa anda ulas.

Kali ini saya ingin memberikan contoh bagi mereka yang berprofesi sebagai Guru atau Dosen – akan banyak sekali hal-hal yang bisa anda tuliskan sebagaimana mindmap di bawah


klik untuk memperbesar



3. *Eksplorasi Kehidupan Pribadi dan Keseharian Anda:*

Kehidupan pribadi dan keseharian kita, jika anda mau menuliskan maka akan banyak sekali topic tulisan yang bisa anda lakukan. Mulai tentang mendidik anak, mengurus rumah, interaksi dengan mertua, tetangga, manajemen keuangan keluarga dan banyak lagi.

Coba, anda buat mind map yang berisi hal-hal yang bisa anda tuliskan dari kehidupan pribadi, keluarga dan keseharian anda.

Bagaimana?

Masih ada yang perlu ditanyakan atau di diskusikan?

Jika tidak ada sebelum melanjutkan ke silahkan anda buat mind map dari hobi dan kegemaran anda, kemudian keahlian dan profesi anda serta kehidupan sehari-hari anda.

Cukup buat mind-mapnya dengan ditulis di kertas dan difoto kemudian di-share di grup dan jika memungkinkan silahkan diupload di blog anda. 

Selamat mencoba!

Popular Post

Footer Menu