Tips Ngeblog Dapat Duit

Menjadi Penulis Produktif dan Berpenghasilan

Tips Membuat Blogspot Yang Baik


Materi Diklat Menulis Intensif # 1: 
Membuat Blog Berbasis Blogspot

Tujuan:

  1. Sebagai wadah / media pengumpulan tugas bagi masing-masing peserta
  2. Sebagai alat pendukung bagi materi selanjutnya seperti  memantau "keefektifan tema, materi tulisan" apakah sesuai sudah sesuai dengan "keinginan pembaca" dan apa sudah memenuhi kreteria peng-index-an yang sesuai dengan aloritma Google.
  3. Sebagai portfolio - jika kemudian hari digunakan sebagai "landing page" - bagi yang berminat untuk meneruskan atau mengembangkan karir sebagai penulis (lepas). Bahkan jika memang diperlukan suatu saat nanti bisa dikonversi jadi TopLevelDomain - seperti milik mas Ale - www.alixwijaya.com atau seperti punya saya www.hmcahyo.com 

Panduan dan Peraturan:

(1) Semua peserta WAJIB membuat email BARU untuk kursus ini di Gmail tidak boleh yang lain.


(2) Email tidak boleh alay- email bisa nama sendiri atau nama pena. Dalam pembuatan email HINDARI penggunaan tanda titik (.) tanda kurang (-) atau underscore ( _ ), buatlah email yang MUDAH DIINGAT. Tujuannya adalah sebisa mungkin nama email SAMA dengan nama blog. 

Tips: agar lebih aman akun emailnya nanti setelah kursus selesai untuk pemulihan akun silahkan menggunakan nomor ponsel yang aktif, sehingga jika ada yang hendak membobol verifikasinya memakai sms di hape. Tetapi jangan dilakukan sekarang karena ada klausul di bawah yang perlu anda baca

(3) Peserta wajib membuat BLOG BARU di BLOGGER.COM dengan menggunakan akun email di atas. Buatlah blog yang sesuai dengan nama email seperti: hmcahyo@gmail.com -- nama blognya http://hmcahyo.blogspot.com atau juragantulisan@gmail.com - jadi www.juragantulisan.blogspot.com - jika tidaktersedia maka berilah tambahan misalnya: herilawang.blogspot.com - heripenulislepas.blogspot.com dan seterusnya. Usahakan nama emailnya masih ikut dinama blog agar mudah mengingatnya, karena jika punya beberapa email dan blog agar mudah mengindentifikasinya.

(4) setelah blog selesai dibuat maka wajib dishare digrup ini.


(5) Peserta hanya boleh posting sesuai yang diminta oleh trainer selama masa 3 bulan.. tidak boleh mengganti template, widget dll. Template dan widget akan ditentukan atau diganti oleh admin. Setelah masa 3 bulan silahkan peserta mengganti atau berkreasi sesuai keinginan jika mau.


(6) Untuk pertama kali silahkan diposting perkenalan yang ada digrup ini di blog baru yang dibuat.  Selama pelatihan ini, peserta TIDAK PERLU pusing dengan memberikan gambar/ilustrasi pada postingan, karena bisa menghabiskan waktu.

(7) Setiap postingan diusahakan minimal 300 kata - setelah dua minggu diusahakan postingan minimal 500 kata. Selanjutnya menunggu instruksi dan materi berikutnya.
Setiap postingan baru wajib dishare di grup ini untuk diberikan agar dibaca oleh peserta grup.


(8) Peserta grup hanya boleh memberikan koreksi tentang tata tulis BUKAN KONTEN.
Jika ingin memberikan tanggapan terhadap tulisan teman BUKAN dishare di grup, akan tetapi DITANGGAPI dengan POSTINGAN diblognya masing-masing. Tanggapan postingan ini yang boleh dishare digrup..


(9) Tujuan dari poin 8 adalah agar teman-teman lain yang punya ide serupa bisa mengembangkan tulisan baru berdasarkan ide postingan dari temannya. Jika budaya saling menanggapi postingan ini bisa berjalan baik, akan menciptakan *kekuatan back-link* yang akan meningkatkan peringkat blog masing-masing peserta pada mesin pencari Google.
Penjelasan tentang backlink akan disampaikan diwaktu yang akan datang, in sya Allah.


(10) Untuk memudahkan update postingan melalui perangkat selular (ponsel/tablet) peserta WAJIB menggunakan aplikasi BLOGAWAY  atau aplikasi BLOGGER resmi milik Google pada playstore atau melalui portal 1mobilemarket.


(11) Peserta wajib memberikan hak akses ke trainer yang ditunjuk untuk menjadi admin atau jika kesulitan bisa diberikan passwordnya selama kursus. Admin yang ditunjuk untuk masalah ini adalah saya (heri) dan Mas Ale. penyampaian password bisa via japri

(12) Hal-hal teknis terkait pembuatan blog dan aplikasi Blogaway, bisa ditanyakan di grup kepada Mas Ale.

(13) Admin berhak memposting ulang panduan ini paling tidak 2x sehari agar tidak tertindih oleh diskusi lain

(14) Seluruh arsip materi pelatihan akan diupload di blog www.juragantulisan.com

(15) Jika ada tambahan materi terkait dengan membuat blog akan disampaikan kemudian.


Lawang, 19 Juli 2016

Popular Post

Footer Menu